Pengertian dan Contoh ISP, IP (Internet Protocol) dan Search Engine

9 Dec 2010

1. ISP
Pengertian
ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah telkomnet instant dari Telkom.
Sekarang, dengan perkembangan teknologi ISP itu berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi seperti fiber optic dan wireless. Di Bali, denpasar pada khususnya ISP dengan teknologi wireless paling banyaktumbuh.
Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/ISP
Karena teknologi ini paling murah. Tidak perlu membangun jaringan kabel, mudah dipindahkan, tidak ada biaya ijin dan lain-lain.
Lalu gimana sebenarnya kerja internet dengan adanya ISP ini?
ISP terkoneksi satu sama lain dalam Internet Exchange, interkoneksi. Sebagian besar ISP memerlukan upstream. ISP yang tidak memiliki upstream disebut Tier1, tier1 hanya memiliki pelanggan dan interkoneksi.
PT. Netto Cyber Indonesia
Menara Jamsostek, 20th Floors
Jl. Jend. Gatot Subroto No. 38
Jakarta 12930
Indonesia
Search Engine
Search engine disebut juga dengan mesin pencari, dimana sistem yang ada pada sistem tersebut diolah melalui satu atau sekelompok komputer yang berfungsi untuk melakukan pencarian data. Data yang ada pada mesin ini dikumpulkan oleh mereka melalui suatu metoda tertentu, dan diambil dari seluruh server yang dapat mereka akses. Jika dilakukan pencarian melalui search engine ini, maka pencarian yang dilakukan sebenarnya adalah pada database yang telah terkumpul di dalam mesin tersebut.
Contoh mesin pencari ini adalah Google, Yahoo, Altavista, SearchIndonesia, dll.

IP
IP singkatan dari Internet Protocol, merupakan standar bagi komputer untuk berkomunikasi dengan komputer lainnya dalam suatu jaringan. Protokol ini terbanyak digunakan di dunia ini, terutama dengan berkembangnya internet.
Masing-masing komputer yang terhubung memiliki nomor unik dan juga membuat dunia bergetar sedemikian rupa
Contoh: 192.168.0.190


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post


Archive